TUTORIAL

Sign Painting Untuk Pemula – Bagian 2

Eindraw Sign Painting Brush Stroke
S

ekarang kamu siap untuk memulai latihan. Idealnya, latihan mengecat dilakukan di atas meja gambar dengan kemiringan sekitar 80º (hampir tegak), tapi kamu bisa juga menggunakan tembok kosong untuk bidang latihan.

Tempelkan kertas panduan latihan dari The Sign Painting Learning Kit pada meja gambar dan posisikan setinggi mata kamu supaya latihannya nyaman. Kamu juga bisa menambahkan selembar kertas transparan di atas kertas panduan supaya kamu bisa menggunakannya berulang kali.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang teknik teknik dasar dalam sign painting  yaitu melukis huruf menggunakan kuas dan cat.

Memulai Latihan Dasar

Hal pertama yang harus dikuasai sebelum membuat huruf dan angka adalah kemampuan untuk menarik garis yang baik. Untuk latihan yang berkualitas, pakailah garis panduan (guide lines) sebagai panduan kamu menarik garis. Buatlah dua garis di atas dan di bawah sebagai pembatas tinggi garis yang kamu tarik. Kamu bisa membuat guide lines menggunakan penggaris dan pensil atau kamu bisa menggunakan lembar panduan dalam The Sign Painting Learning Kit.

TEKNIK MENARIK GARIS

Tempelkan ujung kuas di titik permulaan garis, lalu tekan kuas dengan perlahan untuk melebarkan bulu kuas hingga mencapai lebar garis yang diinginkan. Setelah lebar garis itu tercapai, barulah kuas bergerak untuk menarik garis.

Untuk mengakhiri garis, perlambat tarikan kuas menjelang titik akhir lalu angkat kuas secara perlahan sampai hanya sudut ujung kuas saja yg masih menyentuh permukaan, lalu angkat kuas seluruhnya.

Ada enam jenis tarikan garis dasar yang harus dikuasai sebelum kita membuat huruf:

Eindraw Sign Painting Basic Strokes

Ke-enam garis dasar itu adalah: 1. Vertikal, 2. Diagonal miring kanan, 3. Diagonal miring kiri, 4. Horisontal, 5. Setengah oval kiri, 6. Setengah oval kanan.
Tiap jenis garis dasar harus bisa dibuat dengan sekali tarikan garis saja.

T I P S

Kuasailah semua tarikan garis dasar dahulu sebelum kamu mencoba membuat huruf dengan kuas.
Jika kamu sudah bisa membuat semua jenis garis dasar dengan baik, maka kamu tidak akan menemui kesulitan untuk menggabungkannya menjadi sebuah huruf.
Kuncinya hanyalah latihan yang rajin dan jangan putus asa jika belum mencapai hasil yang kamu harapkan. Dengan bertambahnya latihan, dijamin hasilnya akan bertambah lebih baik pula.

1. Garis Lurus

Mulailah berlatih dari garis lurus. Ada empat jenis garis lurus yang harus kamu latih: garis horisontal,  garis vertikal, garis diagonal miring kanan dan diagonal miring kiri.

Gunakan lembar latihan dari The Sign Painting Learning Kit:

  • 01 – Vertical Strokes untuk panduan latihan garis vertikal.
  • 02 – Horizontal Strokes untuk panduan latihan garis horizontal.
  • 02 – Diagonal Strokes untuk panduan latihan garis diagonal miring kanan dan kiri.

Biasakan untuk menjaga bentuk kuas tetap flat dan chisel setiap kali menarik garis.

Setelah kamu sudah bisa membuat garis lurus yang konsisten dan rapih, kamu bisa mencoba menggabungkannya menjadi huruf balok dan angka yang dibuat dari garis lurus (Fig. 16).

Eindraw Sign Painting Straight Brush Strokes

2. Garis Lengkung

Ada dua jenis garis lengkung yang harus kamu latih setelah kamu menguasai garis lurus: setengah oval kiri (berlawanan arah jarum jam), setengah oval kanan (searah jarum jam). Kamu juga bisa meneruskannya dengan lengkungan atas, lengkungan bawah dan lengkungan-S.

Gunakan lembar latihan dari Sign Painting Learning Kit:

  • 03- Half Oval Left Side untuk panduan latihan setengah oval kiri.
  • 04 – Half Oval Right Side untuk panduan latihan setengah oval kanan.

Putarlah kuas di antara ketiga jari dengan perputaran yang searah dengan lengkungan kurva supaya tebal garisnya konsisten (Fig. 17 dan Fig. 18).

Eindraw Sign Painting Garis Lengkung

Setelah kamu sudah bisa membuat garis lengkung yang baik, kamu bisa menggabungkannya menjadi huruf dan angka yang dibuat dari garis lengkung (Fig. 19).

Tarikan garis yang panjang harus terlihat seolah olah dibuat dalam sekali tarikan. Ini berarti tidak boleh terlihat adanya sambungan waktu memanjangkan/melanjutkan garis sebelumnya.

Eindraw Sign Painting Curved Brush Strokes

3. Kombinasi

Lanjutkan latihan dengan garis kombinasi: oval penuh, lengkungan atas, lengkungan bawah dan lengkungan-S.

Gunakan lembar latihan dari The Sign Painting Learning Kit:

  • 05 – Combination Strokes Oval & S-Curves untuk panduan latihan oval dan kurva-S.
  • 06 – Curves & Built-Up Strokes  untuk panduan latihan kombinasi lainnya.

Sekarang kamu bisa menggabungkan garis lurus dan garis lengkung membentuk sembilan huruf dan angka sisanya (Fig. 20).

Eindraw Sign Painting Combination Brush Strokes

TIPS PERAWATAN KUAS

Setiap kuas harus selalu dirawat dengan baik, karena tidak ada hasil karya bagus yang dihasilkan dari kuas yang tidak terawat. Tanpa perawatan yang benar, sebuah kuas akan cepat rusak dan akan merugikan orang yang menggunakannya.
Jangan pernah membiarkan cat mengering di dalam kuas! Bersihkan langsung setelah dipakai.

  1. Untuk kuas dengan cat berbahan dasar minyak/cat enamel.
    Rendam kuas ke dalam thinner lalu diaduk sampai tidak menyisakan cat. Peras bulu kuas menggunakan kedua jari supaya kering lalu lumuri bulu kuas dengan minyak sebelum disimpan.
  2. Untuk kuas dengan cat berbahan dasar air.
    Bersihkan kuas dengan air dan sabun: sabuni telapak tangan lalu kuas disapukan bolak balik sama seperti waktu proses mengisi cat (paletting). Bilas dan ulangi lagi sampai busa sabun nya bersih dari sisa sisa cat.
    Keringkan kuas lalu jepit bulu kuas dengan kedua jari supaya bentuknya kembali rata/chisel dan taruh dengan posisi mendatar.

Jangan pernah menaruh kuas dengan posisi berdiri di atas bulu kuasnya karena bulu kuas akan melengkung dan merusak bentuknya.