ARTIKEL

One Stroke Brush for Lettering

Eindraw One Stroke Flat Brush 1

Kita yang tinggal di Indonesia sering menemui kesulitan dalam menemukan alat-alat untuk berlatih sign painting karena biasanya alat-alat tersebut biasanya hanya dijual di Amerika Serikat atau Eropa. Namun jangan berkecil hati karena sebenarnya kita bisa menggunakan alat-alat yang terdapat di toko buku lokal di tempat kediamanmu, atau setidaknya kamu bisa membelinya secara online seperti di Tokopedia, Buka Lapak dan sebagainya.

Alat yang paling penting untuk berlatih sign painting adalah kuas. Kuas yang dipakai dalam sign painting pada dasarnya terbagi menjadi dua sesuai dengan media catnya: kuas dengan bulu alami/natural hair untuk cat berbasis minyak (oil based) dan kuas dengan bulu sintetis untuk cat berbasis air (water based).

Kuas dengan bulu alami khusus untuk sign painting biasanya hanya dijual di luar negeri dan cukup sulit untuk mencari alternatifnya. Sedangkan kuas dengan bulu sintetis untuk sign painting masih bisa dicari alternatifnya di Indonesia. Alternatif untuk kuas sintetis ini adalah kuas flat berjenis ‘One Stroke Brush’.

One Stroke Brush

Yang membedakan kuas one stroke dengan kuas flat biasa adalah panjang bulunya. Kuas one stroke memiliki bulu yang lebih panjang agar bisa menampung cat lebih banyak yang membuat kuas ini dapat menarik garis lebih panjang daripada kuas flat biasa.

Tetapi jika dibandingkan dengan jenis kuas yang lain seperti flat lettering brush dan one stroke brush long hair maka kuas yang akan kita bahas di sini berada di urutan ke-3 menurut panjang bulu kuasnya.

Kemampuan untuk menarik garis yang panjang ini dibutuhkan dalam berlatih membuat huruf karena seorang sign painter diwajibkan untuk mampu membuat huruf dengan tarikan kuas se-efisien mungkin.

Yang dimaksud dengan tarikan kuas yang efisien adalah membuat huruf dengan jumlah tarikan kuas seminimal mungkin. Alasannya karena di jaman dulu, setiap sign painter berprinsip bahwa waktu adalah uang; sebuah pekerjaan harus diselesaikan sesingkat mungkin agar ia dapat melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya. Di saat yang sama, tarikan kuas yang efisien membuat huruf tampak rapi dan berkualitas tinggi karena menunjukkan si pembuatnya memiliki skill melukis yang baik.

Dalam postingan ini, saya akan membahas beberapa merk kuas one stroke dengan bulu sintetis yang bisa dibeli di Indonesia:

  1. Cotman 666 dari Winsor & Newton
  2. Galeria dari Winsor & Newton
  3. Xpression Artist Brush 936
  4. Daler Rowney Graduate

Tentu saja kita bisa membeli merk apapun selain yang disebutkan di atas, namun pilihlah kuas dengan kualitas terbaik yang mampu kita beli agar supaya latihan kita berkualitas baik juga.

Cara mudah untuk mengetahui jenis kuas yang cocok dipakai untuk berlatih lettering adalah dengan tes sebagai berikut: Basahi bulu kuas dengan air secukupnya lalu jepit bulu kuas dengan dua jari lalu tarik dari pangkal sampai ujung. Jika ujung bulu kuas yang basah tersebut membentuk garis tipis maka kuas itu cocok dipakai untuk lettering.

Cotman 666 dari Winsor & Newton

Eindraw Flat Brush Cotman One Stroke

Memiliki bulu kuas yang cukup lembut yang dapat meredam getaran jari hingga lebih mudah untuk menghasilkan garis yang lebih smooth. Kuas ini juga dapat menampung cat cukup banyak dan mengalir lancar waktu menarik garis.

Harga Rp 125.000

Galeria dari Winsor & Newton

Eindraw Flat Brush Galeria One Stroke

Memiliki bulu kuas yang paling kaku di antara semua kuas yang saya tes. Hal ini menjadikan kuas sangat responsif terhadap pergerakan jari tangan, jadi untuk kamu yang punya jari yang cenderung bergetar, kuas ini kurang cocok.

Namun karakter bulu kuas yang kaku ini juga menjadi keunggulan sendiri karena lebih mudah untuk mengatur ketebalan garis. Memakai kuas ini rasanya bagaikan memakai spidol tebal.

Harga Rp 143.000

Xpression Artist Brush 936

Eindraw Flat Brush Xpression 936

Kuas merk Xpression cukup banyak terdapat di toko2 alat lukis di Indonesia. Kuas flat berseri 936 ini tidak men-cap dirinya sebagai kuas one stroke tetapi dilihat dari karakteristiknya, kuas ini sangat mirip dengan ciri ciri kuas one stroke.

Memiliki bulu kuas yang cukup lembut, hampir mirip dengan Cotman 666. Keunggulan kuas ini adalah kualitas bulunya yang baik dan harganya sangat bersahabat.

Harga Rp 28.000

Daler Rowney Graduate One Stroke

Eindraw Flat Brush Daler Rowney One Stroke

Ini adalah kuas terbaru yang saya coba, bulu kuasnya lembut dengan kontrol kuas yang cukup baik. Harganya sangat murah untuk kuas seukuran ini dan kualitas buatannya pun tidak mengecewakan. Sayangnya jenis one stroke untuk merk kuas ini hanya tersedia dalam 1 ukuran saja yaitu ¾”

Harga Rp 44.000

Demikianlah empat merk kuas one stroke yang bisa kita pakai untuk latihan lettering. Pilihan favorit saya adalah kuas Cotman 666 karena bulu kuasnya yang lentur namun tetap bisa dikontrol dengan baik dan juga dapat membantu meredam genggaman jari saya yang cenderung bergetar.

Pada akhirnya, kuas adalah sekedar benda yang dipakai untuk membantu tangan kita untuk menghasilkan suatu karya. Alat terpenting yang menentukan bagus atau tidaknya suatu karya adalah tangan kita sendiri, oleh karena itu diperlukan latihan terus menerus supaya tangan bisa terampil dalam memakai alat apapun yang kita pilih.